Minggu, 06 Desember 2009

KOMPENSASI

Kompensasi adalah imbalan yang diberikan organisasi kepada individu sebagai balasan atas kemauannya untuk melaksanakan pekerjaan dan tugas-tugas organisasi.

Kompensasi mencakup gaji dasar, insentif, bonus, tunjangan, dan bentuk-bentuk imbalan lainnya.

Gaji dan upah. Upah adalah kompensasi dalam bentuk uang yang dibayarkan menurut jam kerja. Gaji adalah kompensasi dalam bentuk uang yang dibayarkan atas pembebanan tanggung jawab untuk suatu pekerjaan.

Program insentif, adalah program kompensasi khusus yang dirancang untuk memacu kinerja yang lebih tinggi.

Insentif bisa berbasis individu atau diterapkan untuk personel perusahaan secara menyeluruh.

Insentif berbasis individu, adalah rencana pembayaran berbasis insentif sebagai imbalan atas kinerja individu. Bentuknya bisa berupa:

  • Bonus, insentif atas kinerja individu berupa pembayaran khusus yang diberikan melebihi gaji karyawan penerima bonus itu.
  • Merit salary systems, insentif individu yang mengaitkan kompensasi dengan kinerja (hasil) pekerjaan selain penjualan.
  • Pay-per-performance (pembayaran variabel), adalah insentif sebagai imbalan kepada seorang manajer atas hasil kerjanya yang bersifat khusus.

Insentif perusahaan menyeluruh dapat berupa:

  • Rencana pembagian laba, adalah rencana insentif untuk membagikan bonus kepada para karyawan jika laba perusahaan naik di atas level tertentu.
  • Rencana pembagian keuntungan, adalah rencana insentif yang memberikan insentif kepada kelompok-kelompok tertentu di dalam organisasi dalam rangka peningkatan produktivitas.
  • Pay-per knowledge, adalah rencana insentif untuk mendorong karyawan untuk mempelajari keterampilan baru atau menguasai berbagai jenis pekerjaan.

Program tunjangan, adalah kompensasi selain upah dan gaji. Sebagian tunjangan mungkin disyaratkan oleh undang-undang, misalnya asuransi kecelakaan kerja yang ditanggung oleh perusahaan. Contoh lainnya adalah rencana tunjangan pasca kerja dan tunjangan kafetaria.

Rencana tunjangan pascakerja adalah skema pension yang diberikan kepada karyawan yang berakhir masa kerjanya.

Rencana tunjangan kafetaria adalah rencana tunjangan dengan menetapkan batas-batas tertentu untuk masing-masing karyawan. Dalam skema kafetaria, karyawan bisa memilih dari seperangkat alternatif tunjangan yang sesuai dengan preferensi mereka.

0 komentar:

Poskan Komentar