Senin, 19 April 2010

WAWASAN NUSANTARA

Apakah yang kalian ketahui tentang Wawasan Nusantara?

Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sekitarnya berdasarkan ide nasionalnya yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945 (Undang-Undang Dasar 1945) yang merupakan aspirasi bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat, bermartabat serta menjiawai tata hidup dalam mencapai tujuan perjuangan nasional.

Dan tahukah kamu bahwa Indonesia kita hebat. Indonesia adalah negara yang berwawasan. Karena pada saat Deklarasi Djuanda yang diadakan pada tanggal 13 Desember 1957., telah melahirkan konsep Wawasan Nusantara yang menyatukan wilayah Indonesia. Laut nusantara bukan lagi sebagai pemisah, akan tetapi sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang disikapi sebagai wilayah kedaulatan mutlak Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Inilah beberapa Pandangan saya tentang Indonesia (Wawasan Nusantara), yaitu sebagai berikut:

Many Great Island
Indonesia memiliki sekitar 17.480 pulau yang tersebar diseluruh wilayah RI. Dari sini saja bisa kita lihat bahwa begitu luasnya Indonesia. Dan sebagai bukti juga kalau Indonesia adalah negara kepulauan yang layak jadi tujuan wisata. Banyak tempat yang mempunyai view yang indahnya mungkin tidak kita bisa bayangkan sebelumnya. Seperti salah satunya Raja Ampat di Papua.







Beraneka Ragam Budaya dan Bahasa
Mulai dari baju adat (jawa, kalimantan, sulawesi, papua, dsb) kayak batik dan ulos. Ritual khas seperti ritual kematian di suku toraja dan ngaben di Bali dengan prosesi yang begitu spekatkuler.
Seni Tari seperti Tari Saman, Tari kecak, Jaipong, dll. Dan juga begitu beragamnya Bahasa yang kita punya karena ditambahnya begitu banyak suku dan ras yang melimpah. Tapi yang paling terpenting adalah kemampuan kita untuk tetap bisa bersatu dan gotong royong di tengah perbedaan yang ada. Tentu saja kita harus bangga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Cantiknya Wanita Indonesia
Cantik yang dimiliki wanita Indonesia merupakan kecantikan yang alami. Karena sejak jaman dahulu wanita Indonesia selalu diajarkan merawat diri dengan cara serba Tradisional. Jadi tidak harus repot-repot ke salon, karena rambut kita sudah hitam dan lembut. Dan kulit kitapun sudah Hitam tanpa harus sunbathing / panas-panasan seperti orang "bule". Ya, karena yang seperti kita ketahui menurut "bule" perfect skin adalah adalah kulit yang tidak pucat, tidak berbintik, sehat karena bersinar, seperti kulit Wanita Indonesia. Seperti salah satunya Ibu kita Kartini.





Lezatnya Masakan Indonesia
Masakan kita bercita rasa kuat dan beraneka rasa. Mulai dari Masakan Padang, Gudeg, dll. Selain itu juga kita dikaruniai dengan kekayaan flora yang jika diolah secara tradisional menjadi sebuah masakan, akan berkhasiat sekali untuk tubuh, seperti Tempe yang sudah terkenal tingkat Gizi dan kelezatannya sudah diakui di Indonesia maupun Dunia.



Ramah-tamahnya WNI
Jika menyangkut Ramah Tamah, keramahan masyarakat Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan Mancanegara yang betah jika sedang di Indonesia. Dan ingin kembali lagi berkunjung kesini karena kangen dengan keramah tamahan dan sopan santun warga kita. Ditambah lagi dengan keindahan yang dimiliki Indonesia.




Nilai dan Norma yang dijadikan pedoman

Indonesia adalah negara yang memegang teguh prinsip nilai adat Ketimuran, kita punya banyak norma yang dijadikan sebagai panutan atau pengawas hidup dalam bertingkah laku di kehidupan sehari-hari. Mungkin kesannya kaku atau terlalu ada sekat, tapi dengan segala norma agama, sosial, dan etika, hukum dan lain-lain itulah yang bisa meminimalisir masalah dan lebih berhati-hati bertingkah laku.

Jadi mulai sekarang kita harus mengembangkan wawasan nusantara kita mengenai Indonesia. Jangan sampai segala kekayaan yang kita punya dari mulai SDA, Budaya, dll. Direbut oleh asing, mari kita jaga negara Indonesia Tercinta kita ini dari sekarang.

Referensi : Wikipedia dan Gogirl Magazine

0 komentar:

Poskan Komentar