Senin, 01 November 2010

New Review Jurnal 2

Tema : Kepuasan Konsumen

Judul : Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Laundry Laurent

Oleh : Adya Dwi Prasetya ( Universitas Gunadarma, 2010)


  1. Latar Belakang

Pada zaman serba instan ini, kebutuhan akan jasa pencucian pakaian cepat, bersih dan rapi mulai memegang peran penting di masyarakat, terutama di musim penghujan, ketika kebanyakan rumah tangga akan sangat sulit untuk mencuci dan menjemur di saat jarang terdapat matahari. Kualitas pelayanan yang baik dari suatu usaha pencucian pakaian atau laundry merupakan hal paling utama dalam memberikan kepuasan kepada konsumen. Kualitas pelayanan yang baik juga dapat memberikan citra yang baik pada usaha laundry. Kualitas pelayanan dapat dilihat dari dimensi kehandalan, keresponsifan, jaminan, empati dan berwujud. Dalam bidang pemasaran, pengembangan suatu produk jasa sangatlah penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Jasa pada dasarnya bersifat tidak berwujud, maka setiap orany yang mengkonsumsinya memiliki pengalaman yang berbeda-beda terhadap produk yang sama. Untuk itulah kualitas jasa pelayanan harus menjadi hal yang terpenting karena kualitas sangatlah mempengaruhi terhadap kepuasan pelayanan konsumen.


  1. Tujuan Penelitian

- Untuk mengetahui apakah pelayanan yang dilakukan oleh laundr laurent memberikan kepuasan kepada konsumennya.

- Untuk mengetahui dimensi kualitas manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen pada usaha laundry laurent


  1. Metode Penelitian

· Data : Penelitian ini menggunakan data primer, dengan cara penelitian menggunakan kuesioner dari 24 maret – 7 aril 2010

· Variabel : Konsumen atau pelanggan yang menggunakan jasa Laundry Laurent.

· Teknik pengumpulan data : Observasi, wawancara, kuesioner

· Teknik sampling : Dalam penelitian ini menggunakan teknik probabilitas yaitu dengan menggunakan teknik random

· Analisis Data : Skala likert, Uji hipotesis proporsi tunggal

· Model Penelitian

Uji hipotesis proporsi tunggal














  1. Hasil Penelitian dan Kesimpulan

1. Jumlah konsumen yang menyatakan minimal puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Laundry Laurent masih dibawah jumlah yang penulis tentukan dalam hipotesis. Jadi penulis menyatakan bahwa konsumen Laundry Laurent masih belum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

2. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen pada usaha Laundry Laurent adalah dimensi empati dengan jumlah skor 752 melalui metode Skala Likert dan dengan nilai 1.538 melalui pengujian hipotesis prporsi tunggal.


  1. Saran dan Usulan Lanjutan

Sebaiknya laundry laurent lebih meningkatkan kualitas pelayanan dari semua dimensi koresponsifan yang memperlihatkan nilai terendah agar laundry laurent dapat memberikan kepuasan kepada para pelangganya dan sebagai langkah untuk menarik calon konsumen.

Pihak laundry laurent juga perlu meningkatkan kualitas di bidang sumber daya manusia terutama kinerja para karyawan dan berusaha meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan agar konsumen merasa puas dan semakin banyak konsumen yang mempergunakan jasa pencucian di laundry laurent.

0 komentar:

Poskan Komentar