Minggu, 22 Januari 2012

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. GARUDA INDONESIA


     
     Sebagai bagian dari strategi jangka panjang Garuda Indonesia untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, maka kepentingan para pemangku kepentingan (stakeholder) mulai dari pelanggan, karyawan, mitra bisnis, pemegang saham, komunitas hingga kontribusi bagi bangsa dan pelestarian lingkungan hidup merupakan pertimbangan utama dalam mengambil keputusankeputusan sehari-hari.
Kesuksesan perusahaan saat ini tidak lagi hanya ditentukan dari keberhasilan memperoleh keuntungan, namun juga komitmen untuk turut mengembangkan lingkungan dimana suatu perusahaan / organisasi berada.
Kemajuan, perkembangan dan keberadaan perusahaan juga tergantung pada kepercayaan masyarakat, karenanya menjadi kewajiban bagi suatu perusahaan untuk turut ambil bagian dalam program kemanusiaan – sebagai bentuk solidaritas dan tanggung jawab social kepada masyarakat / bangsa.

TUJUAN CSR PT. GARUDA INDONESIA

Sebagai bentuk tanggung jawab social yang dilaksanakan,Garuda Indonesia memfokuskan program CSR dalam bidang :

§   Pendidikan (khususnya mendukung program-program yang ditujukan untuk  peningkatan pengetahuan dan pengembangan bakat anak-anak berpotensi/berprestasi)
§  Kesehatan (memberikan dukungan bagi masyarakat kurang mampu yang memerlukan bantuan dalam proses pengobatan yang dilaksanakan)
§     Tourism (mendukung peningkatan dan pengembangan pariwisata nasional)
§   Garuda Peduli Bencana (memberikan bantuan/dukungan dalam penanganan terjadinya bencana nasional)

KEGIATAN CSR PT. GARUDA INDONESIA
§      Bidang Pendidikan
§      Bidang Kesehatan
§      Bencana Nasional :
§         Operasi kemanusiaan penyaluran bantuan untuk Aceh
§         Garuda peduli korban gempa Jogja & Jawa Tengah
§         Garuda peduli korban gempa di Nias
§      Bidang Tourism

STRATEGI CSR PT. GARUDA INDONESIA
§      Menciptakan persepsi positif dari para stake holder Garuda
§      Meningkatkan kepercayaan, dukungan dan produktifitas para karyawan Garuda

PERTIMBANGAN PELAKSANAAN PROGRAM CSR
Sebagai Badan Usaha Milik Negara dan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, maka selain mengembangkan misinya sebagai lembaga yang berorientasi bisnis juga dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.

CSR PT. GARUDA INDONESIA :

ü     BAGI PARA PELANGGAN
Dalam menjalankan bisnis komersialnya dan menjalin hubungan dengan pelanggan, Garuda Indonesia tidak semata-mata mengejar dan berupaya memperbesar keuntungan finansial. Kami berupaya dengan sepenuh hati untuk mewujudkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan penerbangan, sehingga pengguna jasa Garuda Indonesia mendapatkan manfaat dan nilai tambah yang optimal.
Komitmen dan usaha Garuda Indonesia dalam memberikan layanan terbaik di Indonesia terlihat dari loyalitas pelanggannya yang menopang keberlangsungan bisnisnya selama 59 tahun. Hal ini juga digenapi dengan berbagai penghargaan dari pihak eksternal untuk layanan Garuda Indonesia. Di tahun 2008 Garuda Indonesia meraih beberapa penghargaan, antara lain, Angkasa Award 2008 untuk The Best Service, The Most Favorite Airline, Airline of the Year; dan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2008 dari Majalah SWA dan Frontier Consulting Group

ü     BAGI MASYARAKAT DAN BANGSA INDONESIA
Garuda Indonesia melihat bahwa kesejahteraan masyarakat ikut menentukan kemakmuran suatu negara. Selain itu, sebagai  Flag Carrier, yang bersama merasakan juga perjuangan dari awal pendirian Negara Republik Indonesia, Garuda Indonesia memiliki aspirasi untuk terlibat dalam pembangunan masyarakat dan dalam mengharumkan nama Indonesia sampai ke dunia internasional secara berkesinambungan. Dengan keahlian dan sumber daya yang kami miliki, kami berkomitmen untuk melakukan program-program khusus maupun kegiatan sosial yang berdampak positif bagi pengembangan dan kemakmuran masyarakat serta kejayaan Indonesia secara menyeluruh.

ü     BAGI LINGKUNGAN
Garuda Indonesia menyadari bahwa kualitas hidup manusia dan masa depannya sangat ditentukan oleh keadaan lingkungan. Masalah lingkungan menjadi sesuatu yang mendesak karena pada saat ini dapat dikatakan sudah terjadi kerusakan lingkungan secara global, yang dikuatirkan akan terus memburuk. Terdorong oleh keinginan untuk secara langsung terlibat dalam usaha perbaikan dan peningkatan, Garuda Indonesia selama bertahun-tahun menjunjung tinggi efisiensi dan produktivitas sumber-sumber dayanya. Selain itu, kami memiliki komitmen yang tinggi untuk secara kontinyu meningkatkan kualitas lingkungan dalam kegiatan operasional dan berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup.

Sumber :

3 komentar:

benniantoni mengatakan...

halo mba icul
gw ga ngerti nih postingannya
beraaat sekaliii
hehehehe

Annisa Prawidya Blog's mengatakan...

hahahaha buat tugas mas ben. softskill

yulisetiawanadiningrat mengatakan...

terima kasih garuda atas kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. semoga program CSR ini terus berlanjut ya.
kalo mau tahu berita seputar jakarta dan sepakbola silahkan kunjungi
http://108jakarta.com/
terima kasih ya sebelumnya kalo mau berkunjung

Poskan Komentar